Total Tayangan Laman

Minggu, 23 Desember 2012

diskusi manajemen


Para mahasiswa yang budiman.

Dalam perkembangannya ada 4 teori manajemen yaitu Manajemen Ilmiah, Manajemen Klasik, Manajemen Hubungan Manusiawi, dan Manajemen Modern. Apakah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teori manajemen tersebut ? Selamat berdiskusi.
perkembangan teori manajemen dapat dibagi 4 yaitu :
1.      Manajemen ilmiah (1870 – 1930)
 Kelebihan Manajemen Ilmiah :
Dapat diterapkan pada berbagai macam kegiatan organisasi, disamping organisasi industri.  Teknik efisiensi dari manajemen ilmiah seperti studi waktu dan gerak, menyadarkan bahwa pekerjaan dapat dibuat efifisan dan masuk akal.

Kelemahan Manajemen Ilmiah :
Manajemen ilmiah lebih berfokus pada manusia itu rasional untuk memperoleh material, tetapi kurang memperhatikan segi-segi sosial para pekerja.

2.      Manajemen klasik (1900 – 1940)
Kelebihan Manajemen Klasik :
Manajemen klasik mebuat pemisahan bidang-bidang utama praktek para manajer, sehingga sampai sekarang masih dapat diterima oleh para manajer praktisi (praktek).

Kekurangan Manajemen Klasik :
Dalam organisasi modern yang kompleks seperti sekarang, manajemen klasik dianggap terlalu umum.  Di manajemen modern, terkadang garis wewenang agak kabur.  Saat ini terkadang teknisi bisa mendapat perintah dari manajer pabrik (atasan dari atasan teknisi (mandor)).  Ini membuat pertentangan antara prinsip pembagian kerja dan kesatuan perintah.


3.      Manajemen hubungan manusiawi (1930 – 1940)
Kelebihan Manajemen Hubungan Manusiawi :
Perhatian pada keterampilan manajemen manusia semakin ditingkatkan disamping keterampilan teknis manusia, karena penekanan pada hubungan sosial.

Kelemahan Manajemen Hubungan Manusiawi :
Peningkatan kondisi kerja dan peningkatan kepuasan kerja tidaklah menghasilkan kenaikan produktifitas sedramatis yang diperkirakan.  Peningkatan produktifitas dipengarahui oleh banyak faktor antara lain teknologi, efisien, semangat kerja, dan lain-lain.


4.      Manajemen modern (1940 – sekarang).
      Kelebihan Manajemen Modern :
Banyak digunakan dalam kegiatan-kegiatan sehari-hari meliputi penganggaran modal, perencanaan produk, manajemen persediaan, penjadwalan, metode antrian, transportasi.

Kelemahan Manajemen Modern :
Konsep manajemen modern sulit dipahami karena perhitungannya yang sulit.


Top of Form
Bottom of Form
Halaman:  1  2  3  4  5  6  7  (Selanjutnya)
Diskusi
Dimulai oleh
Balasan
pos terakhir
Gambar dari NUR FITRIANA
1
Gambar dari DENIS CUAJAYA
0
Gambar dari EDWIN FAKHRIZAL
0
Gambar dari LAILATUL BADRIAH
0
Gambar dari IKA PUSPITA PERTIWI
0
Gambar dari SUPARTINI
0
Gambar dari FARIZ HASBULLAH
0
Gambar dari DEA FEBRIANKA
0
Gambar dari YONY SUTARNO
0
Gambar dari DEWI
0
Gambar dari IRMA SEPTARINA
8
Gambar dari WAWU TOWO BIMBANAUNG
1
Gambar dari BENI SUSILO
0
Gambar dari RIRIN AGUS TRIANI
0
mahasiswa baru
0
Gambar dari SAHYANI
0
Gambar dari DESI PERTIWI SASTIKARANI
2
Gambar dari CATUR IVON VINTOYO
0
Gambar dari OKTAPIANA SEPIANA
0
Gag tau


Para mahasiswa sekalian. Dalam suatu organisasi, salah satu elemen sksternal organisasi adalah pelanggan (customer) yang merupakan pengguna utama produk dan atau jasa suatu organisasi. Mengapa pelanggan menempati posisi yang penting bagi suatu organisasi ? Silakan berdiskusi.
·         Konsumen
Adalah elemen lingkungan eksternal elemen aksi langsung yang memiliki kendudukan sangat penting dalam organisasi.  Hal ini karena konsumen adalah pengguna utama dari produk atas jasa yang dihasilkan suatu organisasi. 



Top of Form
Bottom of Form
Halaman:  1  2  3  4  5  6  (Selanjutnya)
Diskusi
Dimulai oleh
Balasan
pos terakhir
Gambar dari MUHAMMAD RIFA\'  MA\'RUF TAMAM
0
Gambar dari DENIS CUAJAYA
0
Gambar dari NOVI NATANIA
0
Gambar dari DEVI SRI FUSPITA
2
Gambar dari YULI SUPARTINI
5
Gambar dari NUR FITRIANA


This forum allows everyone to choose whether to subscribe or not
Bantuan dengan Paksakan setiap orang berlangganan (jendela baru) Everyone can now choose to be subscribed
Para mahasiswa yang budiman. Topik diskusi kita adalah mengenai pengorganisasian serta pendelegasian dan pemberdayaan. Silakan didiskusikan bersama.
  1. Spesialisasi kerja bertujuan untuk membagi pekerjaan berdasarkan keahlian spesifik seseorang. Spesialisasi kerja jika dilakukan dengan terlampau ekstrim akan menimbulkan kejenuhan bagi karyawan, dan dapat menurunkan produktifitas. Mengapa demikian ?
  2. Pendelegasian wewenang tidaklah berarti lepasnya pengendalian oleh atasannya. Mengapa demikian ?
  3. Salah satu manfaat pemberdayaan adalah meningkatnya kemampuan karyawan sehingga berani mengambil keputusan yang menjadi tanggung jawabnya. Mengapa hal ini penting dilakukan ?

1.      Berkaitan dengan spesialisasi jumlah tugas individual dan kelompok kerja organisasi dan penyatuannya menjadi sejumlah satuan kerja atau departementalisasi.  Menurut Robbins dan Coulter (1999), jika spesialisasi kerja dilakukan terlampau ekstrim, maka dapat menimbulkan kejenuhan bagi karyawannya, dikarenakan karyawan yang bekerja hanya melakukan pekerjaan tertentu dan konsisten melakukan monotun seperti itu yang dapat membuatnya jenuh.
2.      Karena manajer memiliki  Kemampuan membebaskan diri dari tugas-tugas lainnya.
Dengan pendelegasian, maka manajer dapat berfokus pada pekerjaan yang lebih penting.
3.      Karena Dengan mendapat kepercayaan untuk mengambil keputusan, maka karyawan akan memiliki rasa percaya diri, sehingga melayani konsumen secara lebih baik sehingga menjamin kepuasan dan loyalitas konsumen.




Selamat berdiskusi. Salam.

Top of Form
Bottom of Form
Halaman:  1  2  3  (Selanjutnya)
Diskusi
Dimulai oleh
Balasan
pos terakhir
Gambar dari ROBI'ATUL ADAWIYAH
0
Gambar dari DENIS CUAJAYA
0
Gambar dari NOVI NATANIA
0
Gambar dari NUR FITRIANA
0
Gambar dari IKA PUSPITA PERTIWI
1
Gambar dari ANDY MULIA


Diskusi 4

Materi diskusi kita adalah mengenai Pengawasan, serta Strategi Bersaing, Organisasi Belajar, dan Budaya Organisasi.

Diskusikanlah hal-hal sebagai berikut :
  1. Mengapa pengawasan adalah penting bagi suatu organisasi ?
  2. Mengapa pembelajaran dan perbaikan terus menerus adalah penting dilakukan oleh suatu organisasi ?

1.       Karena untuk menjaga agar kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh karyawan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan oleh organisasi atau perusahaan.
2.       Karena untuk memperbaiki keputusan-keputusan dan memberikan umpan balik ke perusahaan.
Selamat berdiskusi.


Top of Form
Bottom of Form
Halaman:  1  2  (Selanjutnya)
Diskusi
Dimulai oleh
Balasan
pos terakhir
Gambar dari ANDY MULIA
1
Gambar dari FIKA KAFARELLA
0
Gambar dari ALDRIANA PUSPITASARI
0
Gambar dari BENNY SETIAWAN
0
Gambar dari NI PUTU EKARINI



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar