Total Tayangan Laman

Minggu, 23 Desember 2012

tuton tugas bahasa indonesia wawancara


Halo mahasiswa Universitas Terbuka, yang saat ini sedang 'on' di jalur tutorial online. Di minggu kelima hingga kedelapan nantinya, saya akan mengawal Anda untuk kegiatan akademis ini.
Saudara, kemampuan membaca tiap orang tidaklah sama. Ada yang sanggup membaca tiga halaman teks dalam waktu lima menit, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama dari itu untuk menggapai halaman ketiga teks yang dibacanya. Meskipun demikian, hal penting yang dapat kita petik adalah kemampuan orang tersebut ketika ia dituntut untuk mengungkapkan materi yang telah dibacanya, baik secara verbal maupun tertulis. Di sinilah sikap ekspresif kita diuji. Sebagai contoh mudah, biasakalah membaca artikel tertentu di koran atau features, dan kemudian ceritakanlah kembali isi artikel atau featrues itu kepada teman Anda. Adakah bagian tertentu yang belum diceritakan atau bahkan terlupa?
Bagaimana cara mengatasi hal tersebut, agar Anda terhindar dari aspek lupa atau 'meninggalkan' informasi? Saya pribadi pernah mencobanya, dan hingga saat ini pun terus mencoba, yaitu dengan membiasakan diri membaca artikel atau features dari media cetak kapanpun saya mau. Jenuh? Ya, itu pasti. Tetapi saya membutuhkan hal itu untuk mengasah kemampuan verbal dan memori taktis saya.
Oleh karena itu, perlu teman-teman pahami bahwa paparan pengalaman pribadi saya tersebut bukanlah untuk menunjukkan apa yang telah saya perbuat. Namun semata-mata hanya untuk memacu semangat teman-teman agar lebih giat dan teliti dalam mencermati fenomena yang terjadi di sekitar kita. Bagaimana teman, apakah Anda memiliki kiat khusus untuk membangkitkan dan mendorong daya serap dan ingat memori Anda? Ayo curahkan pengalaman Anda dalam forum ini, dan kita berbagi untuk saling melengkapi.
Jangan lupa, kirimkah ke forum tutorial online ini ya, dna saya sarankan untuk tidak mengirimkannya melalui email supaya teman yang lain dapat mengomentari argumentasi Saudara. Oke?
Selamat belajar dan semoga sukses senantiasa menghampiri Anda semua.

Salam,

Hascaryo Pramudibyanto
Teman-teman mahasiswa, minggu ini saya akan memberikan tugas kedua. Bentuknya adalah melakukan wawancara antara Anda dengan teman sejawat, atasan, atau anggota keluarga (pilih salah satu saja) tentang motivasi hidup narasumber yang Anda wawancarai. Hasil wawancara tersebut kemudian Anda tuliskan dalam bentuk transkrip hasil wawancara (jenis huruf Arial berukuran 11) dengan format penulisan sebagai berikut.
Nama Anda:
NIM:
Topik:
Hari, Tanggal:
Narasumber:


Nama Anda (P): Pertanyaan
Nama Narasumber (N): Jawaban
Nama Anda (P): Pertanyaan
Nama Narasumber (N): Jawaban
Nama Anda (P): Pertanyaan
Nama Narasumber (N): Jawaban
dan seterusnya.
Kirimkan transkrip tersebut ke folder tugas kedua melalui folder tugas kedua, dan bukan pada folder forum atau email saya.
Terima kasih dan selamat mengerjakan tugas.


Salam,

Hascaryo Pramudibyanto
NAMA                                    : HENI HANDAYANI
NIM                            : 018949238
TOPIK                                    : TANGGUNG JAWAB  SECURITY
HARI,TANGGAL     : MINGGU,14 OKTOBER 2012
NARASUMBER        : BAPAK SUHELIM


Heni                : selamat siang pa,maaf mengganggu waktu istirahatnya, bolehkah saya mewawancarai bapak?
Bp.Suhelim     : siang, ya boleh saja.
Heni                : sejak kapan bapak  bekerja diperusahaan ini?
Bp.Suhelim     : sejak tahun 2000
Heni                : sebelumnya apakah bapak pernah bekerja diperusahaan lain dan kalau pernah di perusaan dan bagian apa?
Bp.Suhelim     : iya pernah,diperusahaan kontraktor indocement bagian listrik.
Heni                : apa saja rintangan bapak dalam bekerja menjadi security?
Bp.Suhelim     : rintangannya jika bekerja dimalam hari,apalagi jika dalam keadaan hujan harus penuh semnangat walau terkadang rasa malas sering kali muncul semua itu untuk menafkahi keluarga. Selain itu tanggung jawab menjaga keamanan perusahaan juga menjadi tanggung jawab saya,jangan sampai perusahaan itu kemalingan.
Heni                : apakah sanksi yang akan diterima jika perusaan kemalingan?
Bp.Suhelim     : resikonya saya dikelurkan dari perusaan selain itu juga bisa terlibat dikepolisian.
Heni                : ternyata besar juga ya tanggung jawab yang ditanggung oleh bapa.
Bp.Suhelim     : iya besar sekali tapi semuanya saya jalankan dengan iklas demi anak anak saya.
Heni                : terima kasih ya pa telah mengizinkan saya untuk mewawancarai tentang pekerjaan dan tanggung jawab bapak.
Bp.Suhelim : iya sama sama

Nama : Hasniarti Nilam Samodra

Nim : 018280126

Topik : Pengalaman Hidup

Hari, Tanggal : Selasa, 16 oktober 2012

Narasumber : Ibu Mariya Ulfa






Nama(nilam) : Bagaimana keseharian anda pada saat menjalani hidup ini bu?

Nama narasumber(ibu mariya) : Ya keseharian ibu ya hanya menjadi ibu rumah tangga.

Nama(nilam) : Selama menjadi ibu rumah tangga, Adakah kendala bagi ibu?

Nama Narasumber(ibu mariya) : Yang namanya berumah tangga pasti ada susah senang yang dirasakan nak?

Nama(nilam) : Contohnya seperti apa bu kendala yang ada pada saat itu ?

Nama Narasumber(Ibu Mariya) : Salah satu kendalanya adalah faktor ekonomi. dan juga kurangnya pendekatan sosial terhadap keluarga.

Nama(nilam) : Apakah ibu merasa mengeluh ketika ibu mendapatkan sebuah masalah tersebut?

Nama Narasumber(ibu Mariya) : Tidak, selagi ibu bisa mengajarkan keluarga ibu untuk belajar mandiri. dan menjaga keharmonisan rumah tangga.

Nama(nilam) : Lalu apa motivasi ibu sendiri untuk menjadi ibu yang dibutuhkan keluarga?

Nama Narasumber(Ibu Mariya) : Motivasi ibu yaitu menjadi sosok ibu yang menengai problem-problem yang terjadi dalam keharmonisan keluarga. tentunya ibu juga harus melakukan pendekatan terhadap anak dan suami.selain itu ibu juga perlu dukungan mereka untuk menjadikan keluarga ini keluarga sakina.

Nama(nilam) : Apa Modal utama ibu untuk melakukan keinginan tersebut?

Nama Narasumber(Ibu Mariya) : Modal utama ibu adalah selalu berdo'a, bertawakal dan mengajarkan etika-etika yang baik bagi suami dan anak-anak ibu. Jika berhadapan dengan masalah yang rumit, Pasti ada jalan untuk mencari solusi yang terbaik.

Anda login sebagai DEPIN SARASATI
Nama : RISIANA FITRIANI NIM : 018585185 Topik : Pengalaman Berkerja Bapak SUHARDI Hari, Tanggal : Senin,15 -10-2012 Narasumber : Bapak SUHARDI ---------------------------------------------------------------------------------------------------- RISIANA FITRIANI : Bagaimanakah pengalaman berkerja bapak dari awal sampai sekarang ? SUHARDI : Pengalaman berkerja bapak pertama yaitu bapak berkerja di kantor DISPENDA KOTA PONTIANAK,akan tetapi bapak berkerja sebagai honorer penjaga malam. RISIANA FITRIANI :Berapa tahunkah bapak berkerja sebagai honorer penjaga malam DISPENDA KOTA PONTIANAK? SUHARDI :Bapak berkerja sebagai honorer penjaga malam DISPENDA KOTA PONTIANAK yaitu selama 10 tahun. RISIANA FITRIANI : Kemudian,sesudah itu bapak apakah masih sebagai honorer atau tidak? SUHARDI : Tidak,bapak kemudian di angkat sebagai Pegawai Negeri Sipil(PNS) karena bapak mendapatkan surat keputusan dari bapak walikota kota PONTIANAK. RISIANA FITRIANI :Jadi,sekarang bapak sebagai Pegawai Negeri sipil atau pensiunan PNS? SUHARDI : Alhamdulillah,bapak sekarang sudah pensiun dari PNS dan menikmati masa tua bapak dengan keluarga bapak dengan bahagia. RISIANA FITRIANI : Dari sisi positif yang dapat saya ambil adalah kita hidup tidak boleh menyerah dan terus berusaha agar tercapai keinginan yang kita inginkan. SUHARDI :Betul,perkerjaan apa saja yang kita dapat harus dikerjakan dengan baik dan harus selalu bersyukur agar mendapatkan hasil yang terbaik juga nanti nya.

1 komentar: